Dislokasi Kiri: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalim「Baccarat APP」atnya

  • 时间:
  • 浏览:0

MelaluBaccarat APPi bahaBaccarat APPsa, manusia mencoba untuBaccarat APPk menyampaikan informasi, pemikiran, bahkan keingintahuan, sehingga bahasa yang dituturkan pastilah memiliki makna.

Indonesia merupakan rumah bagi Harimau Sumatera. Harimau adalah kucing paling besar keluarga Felidae yang memiliki kekuatan bertarung yang luar biasa. Bahkan harimau bisa membunuh singa dalam satu kali cakaran. Harimau Sumatera, itu termasuk spesies hampir punah yang sangat dilindungi.

Dalam kalimat tersebut yang ditonjolkan adalah nama Usman. Dari kalimat tersebut, pembaca memahami bahwa ada orang bernama Usman yang pergi ke Surabaya walaupun mereka tidak mengenalnya.

Namun apabila kalimat tersebut didislokasi kiri, maka akan menjadi “Ke Surabaya, Usman pergi ke sana”. Pada kalimat dislokasi kiri ini yang ditonjolkan adalah kota Surabaya. Ke sana merupakan pronomina yang menggantikan unsur yang dipindahkan ketika dislokasi.

Fasa “Harimau Sumatera” bukanlah informasi baru, karena telah disebutkan di awal paragraf. Namun kemudian kalimat dislokasi kiri disematkan di akhir paragraf untuk mengingatkan kembali bahwa “Harimau Sumatera” adalah penting dalam paragraf tersebut.

Disloksi kiri sering digunakan dalam suatu paragraf untuk mementingkan kembali informasi lama. Misalnya dalam paragraf berikut:

David Crystal dalam A Dictionary of Linguistics and Phonetics (2008), menyebutkan dislokasi kiri adalah pemindahan konstituen ke posisi awal kalimat (posisi kiri) dan terdapat jejak (dapat berupa pronominal atau bentuk penuh yang mengacu pada referen yang sama) yang ditinggalkan di posisi asal.

Beberapa fungsi dislokasi kiri adalah:

Menurut Casandre Creswell dalam buku Syntatic Form and Discourse Function in Natural Languange Generation (2004) di samping konstruksi konstruksi kanonik, penutur bahasa juga memungkinkan konstruksi lingual nonkanonik seperti topikalisasi, kalimat cleft, dislokasi kiri, dan beberapa lainnya.

Dislokasi kiri dapat berfungsi sebagai penyederhana informasi sehingga lebih cepat dipahami oleh pendengarnya.

Baca juga: Pengertian dan Perbedaan Kalimat Majemuk Setara dengan Bertingkat

Penggunaan kata dia adalah pronomina persona yang merujuk pada Susi dan memenuhi syarat konstruksi dislokasi kiri

Misalnya kalimat “Yang sakit kemarin itu adalah Susi” dengan dislokasi kiri, nama Susi dapat dipindahkan ke awal kalimat menjadi “Susi, dia sakit kemarin”.

Dalam menyampaikan makna tersebut, manusia dapat menggunakan konstruksi lingual yang kreatif dan inovatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Sehingga dislokasi kiri dapat diartikan sebagai pemindahan unsur kalimat ke kiri dan digantikan tempatnya dengan pronomina.

KOMPAS.com – Bahasa adalah suatu hal yang dibutuhkan manusia untuk dapat berkomunikasi antara satu sama lain.

Dislokasi kiri dapat berfungsi untuk menonjolkan informasi. Misalnya kalimat “Usman, pergi ke Surabaya”.

Nur Oktavianti dalam jurnal Dislokasi Kiri dalam Bahasa Indonesia (2011), mengatakan dislokasi kiri dalam Bahasa Indonesia memanfaatkan pronominal sebagai elemen yang penting dalam pembentukannya.

Baca juga: Dislokasi Kanan: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimatnya