7 Alasan yang Membuat Generasi Milenial Belum 「Macau Baccarat Website」Membeli Rumah

  • 时间:
  • 浏览:0

MMacaMacau Baccarat Websiteu Baccarat Websiteacau BaccaMacau Baccarat WebsMacau Baccarat WebsiteiteRat Websitebaca juga: 5 Hal yang Sering Dilupakan Orang Saat Membeli Rumah

Adapun Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) terus berupaya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki rumah. Salah satu kemudahan tersebut adalah syarat pembiayaan perumahan BP Tapera yang masa kepesertaannya paling singkat selama 12 bulan.

Meski begitu, nominal kemampuan milenial dalam membeli rumah berbeda-beda. Beberapa ada yang mampu melebihi nominal di atas, sebagian hanya mampu membeli di bawah rata-rata. 

Selain tujuh alasan yang membuat milenial tak mau membeli rumah, Hirwandi juga menjelaskan mengenai kemampuan harga hunian milenial.

Terkait dengan milenial yang belum memiliki rumah, ada berbagai hal yang membuat mereka tidak mau membeli rumah.

"Cara membeli rumah yang masih tertinggi dalam hal pembelian secara kredit lebih-kurang sekitar 50,2 persen dan secara tunai bertahap itu ada sekitar 49,8 persen," terang Hirwandi.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Perlu Memeriksa Listrik Sebelum Membeli Rumah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Kedua, generasi milenial belum mampu secara finansial atau keuangan, yakni sekitar 24,92 persen. Selanjutnya, belum mampu membayar DP dan KPR menjadi alasan ketiga dan keempat yang membuat milenial belum membeli rumah dengan persentase 17,27 persen serta 10,49 persen. 

"Rata-rata kemampuan para milenial ini (dalam membeli hunian) berdasarkan survei berkisar antara Rp 200 juta-Rp 400 jutaan," ungkap Hirwandi.

Kelima, masih adanya cicilan lain (10,44 persen). Keenam, merasa belum perlu (5,46 persen). Ketujuh, belum terpikirkan (2,79). 

Kemudian, terkait dengan cara membeli rumah, para milenial juga masih tergantung dengan sistem pembelian secara kredit.

Merujuk pada data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 2019, ada sekitar 81 juta (31 persen) penduduk Indonesia diperkirakan belum memiliki rumah. 

Hirwandi Gafar, Direktur Consumer and Commercial Lending PT Bank Tabungan Negara (BTN), mengungkapkan ada tujuh alasan yang membuat generasi milenial belum membeli rumah berdasarkan survei yang diikuti 3.007 responden milenial. 

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah pribadi menjadi sebuah hal yang bisa dibilang sulit dicapai  para generasi milenial (generasi kelahiran antara 1980-an sampai 2000).

Menurut Hirwandi, rata-rata milenial baru sanggup membeli hunian yang nominalnya masih ratusan juta rupiah. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membeli Rumah Baru

"Alasan pertama milenial belum beli rumah sampai saat ini adalah belum menemukan rumah yang tepat. Lebih tepat ada 28,63 persen milenial (hasil survei)," jelas Hirwandi dalam virtual media & public discussion "Tren Properti Incaran Milenial, Cara Mudah Punya rumah", Rabu (29/9/2021).

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membeli Rumah Pertama

Baca juga: Tanda Keberadaan Hama yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah