Resep Naniura, Sashimi ala Batak dengan Bumbu R「Baccarat Lucky Six」empah

  • 时间:
  • 浏览:0

BBaccarat Lucky SixedBaBaccarat Lucky Sixccarat Lucky Sixanya sashimi disantap polos tanpa bumbu, sementara naniura kian nikmat diolah dengan bumbu khas Batak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

3. Kemudian tumbuk halus lengkuas, jahe, andaliman, dan kunyit. Tambahkan empat sendok makan air. Lalu tumbuh halus rias kukus dan semua bahan yang telah disangrai.

Bahan membuat naniura

Ikan mas kemudian dimatangkan dengan cara direndam dalam air jeruk purut sehingga rasa dan aroma amisnya hilang.

Naniura disajikan dengan bumbu kuning khas tanah Toba. Ikan yang digunakan biasa ikan mas mentah atau yang disebut dekke, dibersihkan duri dan lendirnya terlebih dahulu.

2. Kukus rias, kemudian sisihkan. Lalu sangrai cabai merah, bawang merah, bawang putih, kacang tanah, dan kemiri secara terpisah, lalu sajikan.

Baca juga: Resep Mi Gomak, Makanan Khas Batak yang Pedas dan Segar

Baca juga: Resep dan Tips Bikin Telur Asin Berbumbu, Praktis Tanpa Bubuk Abu

Buku "Hidangan Halal Khas Dari Tano Batak" (2013) oleh Linda Carolina Brotodjojo, terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, menampilkan juga resep masakan Batak lainnya yang halal. Kamu bisa membelinya pada toko buku online Gramedia.com.

5. Bahan lain yang bisa ditambahkan seperti bawang merah dan cabai rawit di atasnya.

Baca juga: Resep Udang Kari Kapulaga, Sajian Pas untuk Makan bareng Keluarga

1. Pertama bersihkan ikan mas dari sisiknya dan belah dua dari punggung ikan. Kemudian buang semua duri ikan, lalu beri garam dan air jeruk. Diamkan selama 2 jam.

6. Simpan dalam lemari pendingin selama empat jam sebelum disajikan.

JAKARTA,KOMPAS.com- Tak cuma Jepang yang punya sajian ikan mentah seperti sashimi. Indonesia juga punya beberapa hidangan ikan mentah, salah satunya naniura khas Batak, Sumatera Utara.

4. Campurkan dengan air campuran dari lengkuas, jahe, dan andaliman dan kunyit. Beri garam dan lumuri di atas ikan.

Kamu yang rindu dengan santapan satu ini tidak perlu pergi ke Batak.

Dalam buku "Hidangan Halal Khas Dari Tano Batak" (2013) oleh Linda Carolina Brotodjojo, terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, menampilkan resep naniura. Berikut resep naniura yang bisa dibuat di rumah :